Kulo Wido

Membahas tentang Mod Apk, Tutorial Android dan Social Media

Saturday, October 7, 2017

Whatsapp Bot Auto Reply Messages

kirim pesan whatsapp otomatis

Tutorial cara membuat whatsapp bot auto reply messages (pesan otomatis di whatsapp)


Berikut ini adalah cara untuk membuat auto reply di whatsapp atau mengirim pesan whatsapp otomatis.

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan Official Acount di Line yang menggunakan fitur bot autoreply bahkan ada yang sengaja membuat bot sendiri untuk dimasukan ke dalam sebuah group. hal ini digunakan untuk mempermudah para Official dalam menangani atau memberikan respon cepat terhadap para pelanggannya.

Khusus untuk bot Line, tidak kita bahas disini hanya sebagai perbandingan dan contoh saja.karena secara garis besar pihak Line sudah memberikan fitur ini secara gratis dan berbayar dengan tambahan fitur tentunya.

Lantas, bagaimana dengan whatsapp ? sejauh ini belum ada informasi secara resmi untuk whatsapp memberikan fitur seperti ini. namun jangan khawatir "ada banyak jalan menuju roma, dan ada banyak roma dijalanan" hehe..

Yup, ada banyak jalan dan cara untuk membuat bot di whatsapp baik yang rooted ataupun yang un-rooted contohnya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi dari googlepay store, antara lain :

1. Tasker

Dengan tasker ini kita bisa membuat bot whatsapp, namun dibutuhkan pengetahuan lebih tentang aplikasi android. tasker adalah sebuah alat yang mempermudah si pengguna dalam "keadaan A maka dia akan B" contoh nya seperti itu. dan itu bisa dibuat secara mendalam dengan script yang lebih panjang. Contohnya : ketika ada notifikasi dari whatsapp, baca pesan. apabila didalam pesan (Contains) ada kalimat atau kata "Hai" maka balas dengan "Baik, kamu gimana?" 

2. AutoResponder for Whatsapp

AutoResponder whatsapp adalah yang akan kita bahas disini karena lebih mudah dalam penggunaannya dan lebih user-friendly. Namun untuk kali ini kita akan membuat nya dengan "CHATBOTLITE" dari vendor yang sama yaitu "TK STUDIO".

Oke, penjelasannya sudah cukup. sekarang kita akan langsung kepada cara membuat auto reply di whatsapp. langkah pertama download dulu aplikasinya di playstore yaitu ChatBotLite atau AutoResponder for Whatsapp. 

jika sudah, buka aplikasi chatbotlite nya. 

cara autoreply whatsapp

ada beberapa menu diatas seperti enable / disable bot, rules dan setting.
untuk setting sendiri kamu tidak perlu rubah karna sudah di setting otomatis untuk whatsapp. kemudian kita masuk ke menu "Rules" lihat gambar dibawah ini :

bot kirim pesan whatsapp otomatis

didalam menu rules, silahkan pilih Add New Rule.


Di dalam kotak Received Message silahkan masukan keyword kalian contohnya adalah "Hi"
kemudian di Respone Messagenya silahkan masukan jawaban kalian contohnya "Baik, kamu gimana?"


cara setting autoresponder whatsapp

masih di menu yang sama, ketika kalian scroll kebawah akan menemukan form Recipients atau Penerima pesan. penjelasannya seperti ini :
* Contacts - jika kamu pilih contacts maka siapapun yang melakukan personal chat atau japri dengan kamu kemudia dia menggunakan keyword kamu. maka bot auto reply whatsapp ini akan berjalan. namun jika keyword ini digunakan didalam groups bot tidak akan berjalan.

* Groups - sebalikanya dari Contacts :) artinya keywords atau kata kunci hanya akan berfungsi didalam group saja dan tidak berfungsi secara personal chat atau japri.

jika kalian ingin menggunakan di kedua kondisi maka pilihkan "Both".

Baca Juga : 10 Aplikasi Android Piala Dunia 2018 (Streaming)

bagian selanjutnya adalah dengan cara mengaktifkan bot itu sendiri, klik enable / disable bot.
auto reply whatsapp no root


ketika menu tersebut diklik maka kamu akan dibawa langsung ke dalam menu setting Accsessibility didalam menu tersebut silakan kita centang atau kita pilih ON untuk ChatBotLite agar bot bisa berjalan. lihat gambar diatas.

hasilnya akan seperti ini : 

cara membuat bot autoreply di whatsapp


Jika masih bingung atau tidak paham. silahkan play video dibawah ini :

8 comments:

  1. Kenapa punya saya cuma bekerja satu hari ya hari berikut nya tidak lagi bekerja adakah yg salah

    ReplyDelete
  2. Padahal setelan tidak ada yg berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, coba di cek lagi di setting Accsessibility ChatBot nya di enable. biasnya di suka auto Off. untuk lebih mudahnya bisa di setting agar aplikasi itu tetap berjalan di background. untuk settingnya di device nya om, coba di bagian battery. semoga membantu.

      Delete
    2. TYPO -
      Maaf sebelumnya, coba di cek lagi di setting Accsessibility ChatBot nya di enable. biasanya dia suka auto Off. untuk lebih mudahnya bisa di setting agar aplikasi itu tetap berjalan di background. untuk settingnya di device nya om, coba di bagian battery. semoga membantu.

      Delete
  3. I am an Android developer and i just want enable my Android app users to send messages to whatsApp contacts automatically. is there any way to do it? so that they can respond to their whatsapp contacts even without any interaction with whatsapp (without click send button in whatsapp).
    Please provide a your valuable response about this.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. i am so sorry but i am not developer.. if u want to send msg to whatsapp automatically withound click send button or any interaction, so u need make some function like schedule or case if, base on your app... may u need to visit https://forum.xda-developers.com for your question. thanks

      Delete
  4. Apakah bisa kirim foto/kontak lewat auto reply ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ka maaf, gag sadar klo ada yg komen :P

      Untuk Kirim Foto / Picture saat ini masih belon bisa lewat autoresponder, bahkan melalui dialogflow pun masih belum bisa ka. klo untuk kirim kontak paling bisa nya model template gag bisa random milih kontak. karna itu harus menggunakan script dan di pasang ke webhook, pake webhook jg harus masuk ke device kan untuk nyari kontaknya script nya gag punya :D jadi simpel nya untuk kontak bisa pake template atau pake wa message api link biar langsung kirim pesan ke kontak. semoga membantu ka :)

      Delete